bebas

OLAHRAGA LARI

Olah raga lari adalah suatu olahraga yang sangat berat karena berhubungan dengan pernafasan. Dan banyak orang yang tidak suka olahraga lari. Tapi padahal banyak sekali manfaat olahrga lari yang paling utama adalah baik bagi kinerja jantung kita.

Inilah beberapa tips dari saya bagaimana cara membuat pernafasan kita kuat........
            Kalian pasti tahu sistem pernafasan kita ada 2 yaitu bernafas dengan paru-paru dan bernafas dengan otot diafragma (pernafasan perut). Saat kita bernafas dengan paru-paru pasti kita akan merasa lebih capek..Oleh karena itu di sini saya akan memberikan tips bagaimana memaksimalkan kedua sistem pernafasan kita pastinya bermanfaat untuk anda. Berikut ini tipsnya :
  1) Sebelum anda berlari khususnya jarak jauh pastikan anda pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan otot terutama otot tungkai kaki, agar saat berlari otot kita tidak mudah tegang kemudian minum cukup air.
  2) Saat mulai berlari jangan pernah langsung berlari cepat tapi ikuti ritme pelan kemudian di percepat dan di percepat lagi yang normal saja.
  3) Saat anda berlari pastikan jangan menggunakan paru-paru saja tapi otot di afragma juga. CARANYA????
        a) Saat anda berlari jangan terlalu sering mengeluarkan udara pernafasan dari hidung tapi  usahakan pakai mulut juga.
        b) Saat kita bernafas hirup udara dari luar dengan mulut kemudian simpan di perut kemudian keluarkan..ini hampir sama kayak pernafasan renang kan tidak mungkin mengambil udara dari hidung pasti dengan mulut.
       c) Usahakan dengan ritme yang teratur saat mengambil pernafasan.
   4) Saat anda sudah melakukan kedua pernafasan itu saat kita sudah mulai kelelahan jangan di paksakan berlari tapi jangan berhenti,tapi yang benar berlarilah pelan pelan saja secara teratur ritmenya.
   5) Setelah anda mulai bugar lagi percepat lari anda sampai jarak yang di butuhkan.
   6)  Saat beristirahat usahakan jangan langsung duduk tapi berlari lari kecil di tempat atau berdiri saja sekitar 5 menit agar otot kita lemas tidak kaku.kemudian setelah itu minum air putih secukupnya agar tubuh kita tidak kehilangan ion tubuh

SEKIAN TIPS DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT :)
  
First