bebas

Contoh Program Pascal


Apa Itu Program Komputer?[sunting]

Program Komputer merupakan sekumpulan instruksi/perintah yang diberikan oleh programmer kepada mesin komputer. Agar instruksi tersebut dimengerti oleh komputer, maka instruksi tersebut harus dalam bentuk bahasa yang komputer mengerti.
Ada banyak bahasa pemrograman di dalam dunia CONTOH pascal ,c/c++/c#,. Salah satu bahasa program komputer yang terkenal adalah bahasa Pascal. Pencipta bahasa Pascal, Prof. Niklaus Wirth, menciptakan bahasa Pascal ini dengan tujuan untuk mengajarkan pemrograman secara terstruktur kepada para mahasiswanya.

Program Kosong[sunting]

Program Kosong adalah program yang paling sederhana, karena tidak melakukan apa pun. Dalam bahasa Pascal, program kosong dibuat dengan cara:
begin
end.
Penjelasan: (tanda // slash ganda artinya adalah komentar/keterangan)
begin   // instruksi untuk mengawali program Pascal
end.    // instruksi untuk mengakhiri program Pascal diikuti Operator Akhir Program
Stop hand nuvola yellow.svgKesalahan yang sering terjadi:
Untuk mengakhiri program Pascal, instruksi end harus diikuti Operator Akhir Program yaitu tanda titik (.). Dalam sebuah program Pascal hanya akan terdapat satu saja Operator Akhir Program

Information icon alt.svgTambahan Informasi/Catatan:
Bagi pembaca yang sama sekali belum pernah membuat program Pascal dengan bantuan FPC, bisa melihatLampiran A untuk panduan pemakaian FPC

Program Halo[sunting]

Program komputer perlu untuk berinteraksi dengan pengguna komputer (user), interaksi yang paling sederhana adalah, komputer mencetak sesuatu di layar sehingga pengguna bisa melihatnya. Untuk membuat hal tersebut, cobalah program ini:
begin
   writeln('Selamat Datang');
end.
Penjelasan:
begin
   writeln('Halo Pembaca');  // instruksi untuk mencetak & parameter teks yang akan dicetak
end.
Setelah program tersebut dijalankan, maka komputer akan mencetak kata Halo Pembaca di layar. Ada sebuah instruksi baru di sini, yaitu instruksi writeln yang gunanya untuk mencetak lalu menambahkan Enter/baris baru (write and add new linewriteln berasal dari write + lnln merupakan singkatan dari line). Instruksi writeln ini disertai dengan parameter teks Halo Pembaca yang harus diapit oleh tanda petik tunggal (').
Stop hand nuvola yellow.svgKesalahan yang sering terjadi:
Setiap instruksi dalam bahasa Pascal, harus diakhiri dengan Operator Akhir Instruksi yaitu tanda titik koma (;)

Thumb up icon.svgTips pemrograman yang baik:
Cara menulis program dengan diketik agak ke dalam, disebut dengan indentasi. Cara ini berguna untuk memudahkan membaca blok-blok perintah program, terutama pada program yang memiliki banyak struktur subblok
Previous
Next Post »