bebas

Makalah By Didien ARYO :)



 

TUGAS PLH

PENGARUH BENCANA  BANJIR TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT

penyakit banjir


 DI SUSUN OLEH:
DIDIN ARYO SUSILO
ERI APTISA
FIVIN ROVIA LESTARI
HADI SAPUTRA
IDA NURJAYANAH
IKA YULIANA

UPTD SMAN 1 KALIDAWIR
2012/2013












1.    PENDAHULUAN
Latar  Belakang  Masalah
       Mengingat musim hujan telah tiba, patutlah kita waspada terhadap bahaya banjir yang melanda daerah kita terutama daerah yang ada di sekitar sungai. Sebagai proses alam banjir terjadi karena debit air sungai yang sangat tinggi hingga melampaui daya tampung  saluran sungai lalu meluap kedaerah sekitarnya. Debit air yang sungai yang tinggi terjadi karena curah hujan yang tinggi. Sementara itu, banjir juga dapat terjadi karena kesalahan manusia.
Banjir tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan dan kerugian materi saja melainkan juga terhadap kesehatan masyarakat yang tinggal di pemukiman yang terkena banjir. Akibatnya masyarakat banyak mengalami berbagai macam-macam penyakit. Kalau sudah begitu sudah sepantasnya masyarakat maupun pemerintah berupaya untuk mencegahnya sebelum dampak yang lebih buruk datang.
 
Pembatasan Masalah
       Hal yang di jadikan sebagai batasan masalah adalah banjir. Kalau ada pertanyaan yang sekiranya tidak ada hubungannya dengan banjir kelompok kami tidak akan menjawabnya.

Perumusan Masalah
       Masalah-masalah yang diteliti, di rumuskan sebagai berikut:
1.      Apa saja hal-hal yang mengakibatkan banjir?
2.      Apa saja macam-macam penyakit yang di timbulkan banjir?
3.      Bagaimana cara mencegah macam-macam penyakit yang di timbulkan banjir?

Tujuan Penelitian
       Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui hal-hal yang mengakibatkan banjir
2.      Untuk mengetahui macam-macam penyakit yang di timbulkan banjir.
3.      Untuk mengetahui cara mencegah macam-macam penyakit yang di timbulkan banjir.


Metode Penelitian
         Metode penelitian yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara langsung tehadap masyarakat sekitar yang mengalami musibah banjir dan mencari sumber-sumber informasi di internet yang berhubungan dengan karya ilmiah yang kami buat.
      
Manfaat Penelitian
        Manfaat dari penelitian yang di lakukan adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan penjelasan tentang hal-hal yang mengakibatkan banjir.
2.      Memberikan penjelasan tentang macam-macam penyakit yang di timbulkan banjir.
3.      Memberikan penjelasan tentang cara menanggulangi macam-macam penyakit yang di timbulkan banjir.


2.    LANDASAN TEORI
       Banjir adalah sebuah fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak di aliri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat di definisikan sebagai hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi bumi kawasan tersebut. Dalam cakupan pembicaraan luas, kita bias melihat banjir sebagai bagian dari siklus hidrologi, yaitu bagian air di permukaan bumi yang bergerak ke laut. (www.ertizaaulialghani.blogspot.com. 2011.)
         Demam berdarah atau lebih tepatnya di sebut demam berdarah dengue adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan karena bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang relative sangat singkat. (www.carapedia.com. 2012.)

3.    HAL YANG MENYEBABKAN BANJIR
        Banjir merupakan bencana yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, baik yang terjadi di lingkungan sekitar kita maupun yang jauh dari tempat kita berada.
Banjir sangat merugikan karena bias merusak roda perekonomian di suatu daerah, menghentikan aktifitas kegiatan manusia, meninggalkan kerusakan harta benda, menebar penyakit, bahkan dapat pula menelan korban jiwa. Banjir sebenarnya bisa dicegah selama ada kepedulian masyarakat dan pemerintah. Tapi seolah-olah bencana banjir merupakan bencana alam yang datang dari tuhan. Dan nampaknya banjir akan semakin parah akibat adanya perubahan iklim, perubahan lingkungan, pemanasan global, pembangunan, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengakibatkan banjir:
1.      Luapan Air Sungai
        Sungai yang lebar dan kedalamannya tidak berubah, namun di sekitarnya terjadi peningkatan jumlah penduduk yang sangat signifikan dapat mengakibatkan ketidakmampuan sungai untuk menampung secara keseluruhan air buangan, air hujan dan sampah yang masuk kedalamnya. Jika sudah penuh, maka air akan menggenangi pinggiran sungai dan daerah rendah lainnya.

2.      Kegagalan Tanah Menyerap Air
        Jika jumlah luas keseluruhan lahan terbuka hijau dan tanah kosong berkurang drastic di suatu daerah akibat berbagai sebab, maka air hujan yang turun akan langsung meluncur dengan cepat ke selokan, sungai, dan akhirnya kelaut. Jika air yang meluncur itu sangat banyak jumlahnya alhasil air itu tidak akan tertampung otomatis di saluran air yang ada dan meluber keluar dan menyebabkan daratan tergenang bebas dan menyebabkan banjir.

3.      Penggundulan Hutan
       Hutan yang berisi berbagai macam pohon-pohon lebat nan rindang dan semak belukar yang rimbun dengan lantai hutan yang penuh dengan kompos alami sampah hutan dapat menyerap air hujan dalam jumlah besar. Jika hutan digunduli dan dipersempit, maka air hujan akan meluncur kesungai dan kemudian berakhir kelaut. Jika sungai tidak dapat menampung air dalam jumlah besar, maka akan terjadi banjir di sekitar sungai dan daerah rendah yang ada di sekitarnya.

4.      Hujan Deras Yang Lama
       Jika hujan terjadi dengan intensitas yang tinggi dalam waktu yang panjang bisa mengakibatkan suatu daerah yang tidak biasa banjir menjadi banjir jika tidak sigap menghadapi kuantitas air yang tidak wajar di luar kebiasaan normalnya.

5.      Saluran Air Mampet
        Jika got, selokan, comberan, parit dan sebangsanya mampet karena sampah, maka aliran air akanterhambat, dengan begitu air yang tidak bisa menembus barikade sampah tersebut akan meluap dan menggenangi di sekitar saluran air tersebut. Oleh sebab itu perlu kesadaran masyarakat yang tinggi untuk tidak membuang sampah sembarangan dimanapun berada. Terkadan orang menganggap sungai sebagai tempat mem buang sampah yang sah, sehingga saat sampah menyangkut dan menghambat laju air, maka bisa menyebabkan banjir.


4.    MACAM-MACAM PENYAKIT YANG DI TIMBULKAN SAAT BANJIR DATANG
          Musibah banjir yang menimpa Indonesia, bisa menyebabkan beragam penyakit, diantaranya:
1.      Penyakit Diare
      Pada saat banjir sumber-sumber air minummasyarakat, khususnya sumber air minum dangkal akan banyak ikut tercemar. Saat banjir biasanyajuga akan terjadi pengungsian, dimana fasilitas dan sarana serba terbatas, termasuk ketersediaan air bersih. Semua itulah yang bisa menyebabkan penyakit diare. Cara mencegahnya biasakan minum air yang direbus.

2.      Demam Berdarah
      Pada musim penghujan banyak sampah, seperti kaleng bekas, ban bekas, serta tempat-tempat tertentu terisi air, dan terjadi genangan untuk beberapa waktu. Genangan air itulah akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, nyamuk penular penyakit demam berdarah. Cara mencegahnya dengan melakukan 3M (menguras,mengubur,menutup)

3.      Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA).
       Penyebab ini dapat berupa bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama berupa batuk dan demam, mungkin juga disertai sesak nafas, nyeri dada, dan lainnya. Cara mencegahnya dengan istirahat dan mencegah penularan dengan orang sekitar.

4.      Penyakit Kulit
        Yang dapat berupa infeksi, alergi, atau bentuk lain. Kalau musim banjir maka masalah utamanya adalah kebersihan yang tidak terjaga baik. Tempat berkumpulnya banyak orang, misalnya di tempat pengungsian korban banjir, juga berperan dalam penularan infeksi kulit.

5.      Penyakit Saluran Cerna
         Lain misalnya demam tifoid. Faktor kebersihan makanan memegang peranan penting, karena itu selalu perhatikan kebersihan makanan yang akan di konsumsi.

6.      Perburukan Penyakit Kronik
        Di musim penghujan dan banjir yang berkepanjangan, bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan berkurang sehingga orang yang sudah mengalami sakit menjadi lebih buruk penyakitnya.


5.    MENGATASI BERBAGAI PENYAKIT DI MUSIM HUJAN
       Saat ini kedatangan musim penghujansulit untuk di duga. Pada pagi hingga siang hari terjadi panas yang sangat terik dan menyengat kulit tetapi tiba-tiba di sambut dengan angin yang dingin, berawan dan turunlah hujan. Hujan dapat memberikan kesejukan di lingkungan dan kesegaran pada tumbuhan yang sudah mulai layu. Hujan yang terlalu lama juga menimbulkan berbagai dampak seperti banjir. Dengan banjir yang terjadi sehingga muncul berbagai macam penyakit, seperti influenza,diare, dan demam berdarah. Sehingga saat ini kita perlu mencegahnya.
Berikut ini cara agar terhindar dari penyakit-penyakit yang kerap menghampiri kita di saat musim penghujan.
1.      minum air matang, yang direbus sampai mendidih.
2.       Purifikasi air minum dan air untuk memasak.
3.      Hati-hati menjaga agar makanan tidak terkontaminasi air banjir yang banyak mengandung kuman.
4.       Hati-hati dengan makanan yang menjadi basi akibat disimpan di lemari es yang listriknya terputus.
5.       Segera desinfeksi sumur setelah banjir surut.
6.       Menjaga sanitasi dan hygiene personal.
7.       Menjaga jangan sampai kita luka sewaktu membersihkan rumah setelah air surut
8.      Mengontrol nyamuk, termasuk membersihkan jentik-jentik.


6.    PENUTUP
Kesimpulan
1.      Banjir nmerupakan salah satu bencana besar yang berpengaruh dalam berbagai kehidupan masyarakat sekitar yang daerahnya terkena banjir.
2.      Banjir tidak hanya merugikan dari aspek perekonomian melainkan dari segi kesehatan masyarakat sangat merugikan karena saat banjir berbagai macam penyakit muncul.
3.      Meskipun banyak penyakit yang di timbulkan banjir namun kita masih bisa mencegahnya asalkan kita mau melakukan.

Saran
       Kepada masyarakat yang wilayahnya terkena banjir sebaiknya anda harus berhati-hati terhadap penyakit yang sering muncul saat banjir. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang terkena banjir insyaalah akan terhindar dari penyakit-penyakit seperti diare, influenza, demam berdarah, dan lain-lain.

Daftar Pustaka
www.kompasiana.com
Previous
Next Post »