bebas

Cara Membuat Program Android Tanpa Aplikasi By Mas Didin

Indonesia merupakan salah satu surga smartphone Android. Puluhan juta pengguna Android saat ini ada di Indonesia. Pangsa pasar yang begitu besar tentu sayang sekali jika dibiarkan. Apabila pembaca merupakan pengusaha dan memiliki produk untuk dipasarkan, jangan berfikir dua kali untuk melakukan penetrasi ke pasar Android.
Pembaca mungkin berfikir bahwa membuat aplikasi Android itu susah, harus jago koding, harus jago Java, harus anak ilmu komputer. Tapi sekarang tidak lagi, sudah ada banyak aplikasi maupun situs yang memungkinkan kita membuat aplikasi Android tanpa repot-repot belajar Java, tanpa harus jago koding, tanpa harus jadi anak ilmu komputer, cukup drag and drop dan beberapa pengaturan sedikit, maka aplikasi Android kita sudah jadi.

Appery.io

appery
Appery.io adalah salah satu situs yang pertama kali menawarkan pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service terintegrasi dan kaya akan plugin API yang akan menyederhanakan integrasi dengan service cloud dan sistem enterprise. Appery.io menggabungkan kemudahan pengembangan visual dengan kekuatan dari JavaScript untuk membuat aplikasi mobile di berbagai perangkat dengan cepat.
Appery.io sudah cukup dikenal didunia pengembangan aplikasi mobile. Lebih dari 30 situs pernah membahas Appery.io dalam artikelnya sejak tahun 2012. Beberapa diantaranya ialah InfoWorld, SDTimes, TechTarget, CloudTimes, ChinaTimes, infoTech, ComputerWorld, dll.
Appery.io memiliki 5 pilihan paket, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise. Untuk pengguna awal kita bisa menggunakan paket Starter yang tersedia gratis untuk 1 aplikasi dengan maksimum 3 halaman. Meskipun gratis namun Appery.io tetap memberikan jatah 1.000.000 API call, penyimpanan 1GB, serta tetap memberikan dukungan melalui Customer Service maupun Technical Servicenya. Lebih detail tentang harga tiap paket kunjungi halaman http://appery.io/pricing/.
appery_harga
Karena Appery.io tersedia melalui cloud maka tidak perlu ada yang kita unduh atau pasang, yang kita butuhkan hanya peramban web terkini agar fitur-fitur Appery.io dapat berjalan dengan baik. Tersedia editor visual untuk melakukan drag and drop komponen untuk membangun antarmukanya. Setelah selesai aplikasi yang dibuat tidak hanya tersedia untuk Android tapi juga iOS dan Windows Phone.

AppMachine

appmachine
Selanjutnya adalah AppMachine, situs ini dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi android maupun aplikasi iOS dengan tampilan yang professional. AppMachine menyediakan antarmuka drag and drop dan dikombinasikan bersama berbagai macam building block yang menawarkan beragam fitur seperti informasi, foto, video, dll.
Sayangnya menggunakan AppMachine cukup menguras kantong. Agar dapat membuat aplikasi Android kita harus mendaftar di paket Plus seharga $49, sedangkan paket yang paling murah yaitu Basic seharga $19 namun hanya menyediakan aplikasi HTML5.
appmachine_harga

AppMakr

appmakr

Dengan AppMakr kita bisa membuat aplikasi Android berkualitas tanpa koding. Aplikasi yang dibuat juga dirilis atas nama kita bukan atas nama AppMakr. Kita bisa menggunakan AppMakr secara gratis dengan adanya iklan diaplikasi yang kita buat atau apabila tidak ingin ada iklan di aplikasi yang kita buat, serta fitur-fitur lainnya, kita bisa mendaftar disalah satu dari dua paket yang berbayar seharga $1 perbulan atau $9 perbulan.
AppMakr tersedia dalam 14 bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Spanyol, Bahasa Perancis, Bahasa India, Bahasa Jepang, Bahasa Persia, Bahasa Portugis, Bahasa Sinhala, Bahasa Tamil, Bahasa Thailand, Bahasa Turki, dan Bahasa Indonesia.
Seperti situs lainnya, AppMakr memiliki antarmuka yang memudahkan kita dalam membuat aplikasi Android, cukup drag komponen dari sebelah kiri ke jendela smartphone yang ada ditengah. Header, ikon, serta gambar latar belakang juga tersedia.
appmakr2

Appy Pie

appypie
Appy Pie adalah situs selanjutnya yang dapat membuat aplikasi Android tanpa koding. Tidak perlu ada yang dipasang atau diunduh, cukup dengan drag and drop untuk membuat aplikasi yang diinginkan. Setelah selesai aplikasi yan gdibuat dapat dipublish ke Play Store maupun Apple App Store. Selain Android dan iOS, aplikasi yang dibuat juga dapat berjalan di Blackberry, Windows dan Kindle. Situs seperti Mashable, Wired, TechCrunch, Forbes, Gigaom, ZDNet, TNW, dan VentureBeat pernah membahas Appy Pie dalam situsnya.
Appy Pie sekarang juga menyediakan fitur Game Builder. Dengan fitur ini kita juga bisa membuat mobile game.
gamebuilder
Tersedia empat pilihan paket yaitu Free, Basic, Gold, dan Platinum. Paket Free tersedia secara gratis namun hanya bisa membuat aplikasi untuk HTML5 dan Android dan fitur yang sangat terbatas serta terdapat iklan dalam aplikasi kita. Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, paket Basic tersedia seharga $7 perbulan, peket Gold $19 perbulan, dan paket Platinum seharga $33 perbulan.

Good Barber

goodbarber
GoodBarber memiliki pilihan tema yang banyak dan sangat cantik. Ingin menggunakan tema awan atau game? Semua ada. 350 lebih ikon dengan desain yang sangat halus tersedia untuk digunakan, selain itu ada juga lebih dari 600 Font Google yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan aplikasi kita. Melalui situs ini kita bisa membuat aplikasi Android, iPhone, serta aplikasi web untuk mobile.
Semua yang ditawarkan oleh GoodBarber sayangnya tidak datang secara gratis, kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk menggunakan situs ini. Kunjungi halaman resminya untuk informasi lebih lanjut kunjungi halaman http://www.goodbarber.com/pricing/

Update

MIT App Inventor

App Inventor merupakan proyek dari Massachuset Institute of Technology (MIT) yang bertujuan mengajarkan semua orang (terutama pemula) untuk membuat aplikasi Android dengan block-based programming tool. Awalnya aplikasi ini dikembangkan oleh Professor Hal Abelson di Google. App Inventor juga berjalan di web yang dipelihara oleh MIT Media Lab bekerja sama dengan MIT Computer Science and Artificial Intelligence Lab (CSAIL). App Inventor mendukung lebih dari 3 juta pengguna dari 195 negara. Aplikasi ini digunakan lebih dari 100 ribu pengguna aktif setiap minggunya yang telah membuat lebih dari 7 juta aplikasi Android.
MIT App Inventor 2
Tampilan yang sederhana dari App Inventor memungkin pemula untuk belajar membuat aplikasi Android dengan lebih mudah. Cukup drag and dropPallete dari sebelah kiri kebagian Viewer, dan setiap komponennya bisa diatur nilainya melalui bagian Properties. Disebut menggunakan block based programming tool karena saat membuat tampilan aplikasi ini di bagianViewer, kita menyusun komponen-komponennya dalam bentuk blok-blok komponen. yang saling bertumpukkan.
Previous
Next Post »