bebas

MAKALH PRATIKUM PERKONDISIAN BY MAS DIDIN

LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM MATA KULIAH



MODUL II
PERCABANGAN/PERKONDISIAN






NIM                                       : 14104410080
NAMA                         : DIDIN ARYO SUSILO
JURUSAN                  : TEKNIK INFORMATIKA
TGL. PRAKTEK       : 09 FEBRUARI 2016






LABORATORIUM PEMROGRAMAN
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
2016

LEMBAR PERSETUJUAN




MODUL II
PERCABANGAN/PERKONDISIAN





NIM                                       : 14104410080
NAMA                         : DIDIN ARYO SUSILO
JURUSAN                  : TEKNIK INFORMATIKA
TGL. PRAKTEK       : 09 FEBRUARI  2016







Disetujui,
Blitar,   …  Februari 2016
Dosen Pengampu Praktikum




Abdi Pandu Kusuma, S.Kom, M.T
NIDN (0710058506)














BAB I
DASAR TEORI

Percabangan adalah suatu pemilihan statemen / pernyataan yang akan dieksekusi dimana pemilihan tersebut didasarkan pada kondisi tertentu. Percabangan digunakan jika ada masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan perhitungan yang pasti. Inti dari pemecahan masalah jenis ini adalah menganalisis semua kondisi yang mungkin terjadi dan menentukan statemen yang di lakukan untuk setiap kondisi tersebut.
Terdapat dua skema pemilihan, yaitu menggunakan statement if dan menggunakan statement case. Statement if dapat digunakan dengan bagian else atau tanpa bagian else, tergantung masalah dipecahkan dan algoritma yang dipilih. Jika terdapat dua kondisi yang komplementer maka statement if diikuti bagian else. Kondisi dalam statement if dituliskan dalam expresi boolean. Statemen if juga dapat digunakan secara berulang. Statement if digunakan untuk memilih dari dua kondisi yang berbeda berdasar expresi boolean, sedangkan statement case digunakan untuk memilih jika terdapat lebih dari dua kondisi yang masing masing memerlukan penanganan yang berbeda. Variabel yang terlibat dalam statement case harus bersifat ordinal.














BAB II
TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM

I.             Pembuatan Program Penyeleksi Suatu Bilangan Mengunakan Turbo C++
1.     

Buka dulu program Turbo C++  seperti di bawah ini :

2.     

Setelah di buka muncul tampilan seperti di bawah ini :

3.     

Setelah terbuka compile dulu dan pastikan hasil compilenya seperti di bawah ini :

4.      Setelah semua compilenya tidak menunjukkan ada yang error langkah selanjutnya adalah menulis script programnya. Adapun script programnya sebagai berikut :

#include <stdio.h>
#include <conio.h>

void main ( )
{
int nilai;
printf ("masukkan nilai anda :"); scanf ("%d", & nilai);
if (nilai >= 0 && nilai <= 30)
              {
               printf ("NILAI RENDAH")   ;
               else if (nilai >= 31 && nilai <= 60)
                {
                printf ("NILAI SEDANG");
                }
               else if(nilai >= 61 && nilai <= 100)
{
printf ("NILAI TINGGI");
}
getch ( ) ;

}


II.          Program Menghitung Luas & Keliling Menggunakan Turbo C++
1.     

Buka dulu program Turbo C++  seperti di bawah ini :

2.     

Setelah di buka muncul tampilan seperti di bawah ini :

3.     

Setelah terbuka compile dulu dan pastikan hasil compilenya seperti di bawah ini :
4.      Setelah semua compilenya tidak menunjukkan ada yang error langkah selanjutnya adalah menulis script programnya. Adapun script programnya sebagai berikut :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#define phi 3.14152965
void main ( )
{
int kode;
int luas_bj,keliling_bj,sisi;
int panjang_persegi,lebar_persegi,luas_persegi,keliling_persegi;
float luas_lingkaran,keliling_lingkaran,jari;
cout<<"Program Menghitung luas dan keliling bangun Geometri"<<endl;
cout<<"\n1. Menghitung Luas dan Keliling Bujur Sangkar"<<endl;
cout<<"2. Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang"<<endl;
cout<<"3. Menghitung Luas dan Keliling lingkaran"<<endl;
cout<<"\nMasukan Kode Program = " ;cin>>kode;
if (kode==1)
{  cout<<"\nMasukan Panjang Sisi Bujur sangkar = ";cin>>sisi;
luas_bj=sisi*sisi;
keliling_bj=4*sisi;
cout<<"\nLuas Bujur Sangkar = "<<luas_bj;
cout<<"\nKeliling Bujur Sangkar = "<<keliling_bj;
}
else if (kode==2)
{
cout<<"\nMasukan Panjang = ";cin>>panjang_persegi;
cout<<"Masukan Lebar = ";cin>>lebar_persegi;
luas_persegi=panjang_persegi*lebar_persegi;
keliling_persegi=2*(panjang_persegi+lebar_persegi);
cout<<"\nLuas Persegi Panjang = "<<luas_persegi;
cout<<"\nKeliling Persegi Panjang = "<<keliling_persegi;
}
else if (kode==3)
{
cout<<"\nMasukan nilai Jari-jari = ";cin>>jari;
luas_lingkaran = phi*jari*jari;
keliling_lingkaran= 2*phi*jari;
cout<<"\nLuas Lingkaran = "<<luas_lingkaran<<endl;
cout<<"Keliling Lingkaran = "<<keliling_lingkaran<<endl;
}
else cout<<"\nKode yang anda masukan salah !";
getch ( ) ;

}


III.       Macam-macam Fungsi Perulangan Beserta Penjelasannya
1.      For Statement
Ini adalah statement perulangan yang paling sering digunakan. Statement for memiliki 3 parameter, yaitu nilai awal (initial value), tes kondisi yang menentukan akhir perulangan, dan penentu perubahan nilai.

2.      While Statement
Pernyataan while adalah pernyataan yang berguna untuk memproses suatu pernyataan atau memproses pernyataan beberapa kali. Pernyataan atau aksi akan di ulang jika kondisi bernilai benar dan jika salah maka keluar dari blok perulangan.

3.      Do While Statement
Perulangan akan dilakukan minimal 1x terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan pengecekan terhadap kondisi, jika kondisi benar maka perulangan masih akan tetap dilakukan. Perulangan dengan do…while() akan dilakukan sampai kondisi false. Perbedaan dengan while statement adalah : pada do while kondisi akan dievaluasi setelah dilakukan statement/proses..
BAB III
IMPLEMENTASI PRATIKUM

          Dalam praktikum yang di adakan tanggal 09 Februari 2016 oleh dosen penulis yang bernama Abdi Pandu Kusuma, S.Kom, M.T menghasilkan beberapa hasil program dan program itu penulis screenshot berupa gambar program dan scriftnya untuk mempersingkat hasil pratikum ini. Sengaja tidak penulis jabarkan seperti Bab II soalnya akan terlalu panjang. Berikut ini hasil implementasi pratikumnya berupa screenshot penulisan program dan program berjalannya (jadinya) dan juga scriptnya :

I.             Latihan 1
#include <iostream.h>
#include <stdio.h>
void main() {
int m = 166;
if(m == 0) {
cout<<"Nilainya sama dengan\n"; }
else {
cout<<"Nlainya tidak sama dengan nol\n";

cout<<"nilainya sama dengan"<<m<<endl; }}

II.          Latihan 2
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main ( ){
int usia;
cout<<"berapa usia anda ? ";
cin>>usia;
if(usia <17)
cout<<"anda tidak diperkenankan menonton"<<endl;
else

cout<<"selamat menonton"<<endl; }

III.       Latihan 3
#include <iostream.h>
#include <stdio.h>
void main ( ) {
int m = 166;
if (m > 1000)
cout << m << "lebih besar dari 1000" << endl;
else if (m > 100)
cout<< m << "lebih besar dari 100" <<endl;
else if(m > 10)

cout<< m << "lebih besar dari 10" << endl; }

IV.       Latihan 4
#include <iostream.h>
#include <stdio.h>
void main ( ) {
int nilai;
cout <<"masukkan nilai test : ";
cin>>nilai;
switch (nilai/10) {
case 10:
case 9:
case 8:
cout<< 'A' <<endl;break;
case 7:
cout<< 'B' <<endl;break;
case 6:
case 5:
cout<< 'C' <<endl;break;
case 4:
case 3:
cout<< 'D' <<endl;break;
case 2:
case 1:
case 0:
cout<< 'E' <<endl;break;
default:

cout<<"salah, nilai diluar jangkauan. " <<endl; }}


   













BAB IV
PENUTUP

I.             Kesimpulan
Percabangan adalah suatu pemilihan statemen / pernyataan yang akan dieksekusi dimana pemilihan tersebut didasarkan pada kondisi tertentu. Terdapat dua skema pemilihan, yaitu menggunakan statement if dan menggunakan statement case. Adapun contoh program yang di buat yaitu program penyeleksi suatu bilangan, mencari luas dan keliling suatu bangun.
Dalam implementasi pratikumnya yaitu di adakan tanggal 09 Februari 2016 oleh dosen penulis yang bernama Abdi Pandu Kusuma, S.Kom, M.T menghasilkan beberapa hasil program.

II.          Saran
Adapun saran-saran yang bisa di ambil dalam kegiatan praktikum ini adalah :
1.      Bagi dosen pembimbing, kedepannya supaya diberikan materi-materi tentang pemrograman yang lain dengan harapan akan tercipta sebuah praktikum yang lain dan bermanfaat.
2.      Bagi mahasiswa, kedepannya supaya lebih kreatif lagi dalam melakukan praktikum selanjutnya.
3.      Bagi masyarakat lain, kedepannya supaya bisa jadi referensi pembuatan praktikum yang lain.



























Previous
Next Post »